cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017)" : 10 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STARTEGI GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKN 3 REJANG LEBONG Clara Ade Utami; Saleh Haji; Zamzaili Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3697

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (Arias) Integratif dan Kemampuan awal Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kepahiang Eka Kurniawati; Hartanto Hartanto; Zamzaili Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3970

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Dwi Yanti; Anna Fauziah; Drajat Friansah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3698

Abstract

PENGARUH PENERAPAN E-EVALUATION DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMA KOTA BENGKULU Khathibul Umam Zaid Nugroho; Yulia Darmi; Anisya Soneta
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3965

Abstract

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING IN MATHEMATICS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 2 BENGKULU Novia Ayu Lestari; Wahyu Widada; Zamzaili Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.4013

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM LEARNING PADA MATA KULIAH FILSAFAT MATEMATIKA MAHASISWA S2 PRODI MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU Nirwana Nirwana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3966

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Konjektur Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu Maliyo Junizon; Wahyu Widada; Nirwana Nirwana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.4257

Abstract

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUBUKLINGGAU Asria Herda Yanti
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent (pretest-posttest) Control-Group Design yang dilaksanakan pada semester ganji Tahun Pelajaran 2016-2017 di SMP Negeri 2 Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Anava dua sisi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sig. > 0,05 artinya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sumbangan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan komunikasi sebesar 43% dan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 58% dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah
PENGARUH KEYAKINAN DIRI, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (STUDI KAUSALITAS DI MAN I KOTA BENGKULU) Hakasinawati Hakasinawati; Wahyu Widada; Hanifah Hanifah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.3968

Abstract

PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Debra Pratama Sakti; Hartanto Hartanto; I Wayan Dharmayana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v2i2.4430

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10